SPAL  (SISTEM PENGELOLAAN AIR LIMBAH) 
LIMBAH CAIR RUMAH TANGGA


Limbah cair adalah salah satu jenis limbah yang paling banyak dihasilkan dan menyumbang pencemaran lingkungan,  Setiap hari sebuah rumah tangga tidak lepas dari menghasilkan limbah cair rumah tangga. Aktivitas mandi, buang air kecil (BAK), buang air besar (BAB), cuci tangan, cuci baju, mencuci mobil, mencuci piring, dan lain sebagainya, pasti akan menghasilkan limbah. Beberapa jenis limbah tersebut akan masuk ke dalam bentuk sumur resapan, atau septic tank, namun biasanya sebagian besar lainnya akan masuk ke pipa pembuangan dan mengalir ke parit atau selokan, sebelum nantinya akan menuju sungai yang lebih besar, yang lazimnya akan bermuara di sungai dan laut. 

Berdasarkan jenisnya, limbah air rumah tangga dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu black water (air limbah toilet: BAB; BAK) serta gray water (air limbah non toilet: Mandi, cuci baju, cucian dapur, dan sebagainya). Tergantung dengan jumlah besaran penghuni rumah tangga, proses pengolahan limbah air juga berbeda. 

SPAL adalah salah satu system pengolahan limbah sederhana yang dapat dipakai dalam menangani limbah yang non kakus. PT. Intracawood Manufacturing dalam kegiatan Pengelolaan Hutan memiliki beberapa mess karyawan yang juga akan menghasilkan limbah cair setiap harinya, Untuk mencegah pencemaran lingkungan dari limbah cair yang dihasilkan. Perlu untuk membangun saluran yang tepat dan sesuai dengan kegunaannya. Sehingga limbah cair rumah tangga tidak menimbulkan dampak negatif yang dapat membuat masalah terhadap lingkungan sehingga diperlukan sebuah Sistem Pengelolaan Limbah Cair yang berasal dari aktifikatas di mess karyawan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI PT INTRACAWOOD MANUFACTURING

Se-usai melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon Serempak Tahun 2024 bersama  Kementerian Lingkungan Hidup dan Lingkungan Republik Indonesi...