TRAINING & EVALUASI IMPLEMENTASI RIL

PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat  Allah SWT, yang telah memberikan hidayah dan karunianya kepada kita semua sehingga pelaksanaan kegiatan “Training dan Evaluasi RIL” di PT. Intracawood Manufacturing dapat terlaksana dengan baik.

Kedua, kami ucapkan terima kasih kepada Prof. Elias (staf pengajar IPB Bogor) yang telah membagikan ilmunya, meluangkan waktu dan tenaganya  untuk memberikan bimbingan, arahan dan masukan serta mengevaluasi penerapan Reduce Impact Logging (RIL) di PT. Intracawood Manufacturing

Ucapan terimakasih pun kami ucapkan kepada Pemilik/Owner, Direksi dan Pimpinan PT. Intracawood Manufacturing atas dukungan dan komitmennya untuk mewujudkan  pengelolaan hutan secara lestari, yang salah satunya dengan memfasilitasi serta memberikan pelatihan-pelatihan kepada karyawan baik pelatihan eksternal maupun pelatihan internal pada berbagai  aspek dan bidang kegiatan  pengelolaan hutan.

Akhir kata, semoga kegiatan training/pelatihan ini dan training-training kegiatan lainnya, baik internal maupun eksternal  dapat terlaksananya secara rutin dan berkelanjutan guna mewujudkan komitmen PT Intracawood Manufacturing dalam mengelola hutan.

melaksanakan pengelolaan hutan secara berkesinambungan dan lestari yang dilandasi pemahaman bahwa kelestarian hutan merupakan kelestarian usaha sekaligus kelestarian manfaat dan fungsi bagi kepentingan ekosistem dan  masyarakat lokal, nasional bahkan internasional”



PENDAHULUAN


Reduce Impact Logging (RIL) merupakan suatu metode pemanenan yang diterapkan untuk meminimalisir laju kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat pemanenan. Penerapan RIL dilapangan terbukti mampu menurunkan laju keterbukaan lahan, mengurangi kerusakan tegakan tinggal dan meningkatkan intensitas pemanfaatan kayu. Penerapan RIL merupakan bagian atau tahapan pengelolaan hutan produksi yang dijadikan pertimbangan pada proses penilaian Sertifikasi Pengelolaan Hutan baik di dalam skema FSC, Mandatory Dephut dan LEI.

PT. Intracawood Manufacturing merupakan salah satu unit manajemen yang telah menerapkan pemanenan ramah lingkungan (RIL) sejak keikutsertaan dalam sertifikasi ekolabel baik bersifat Mandatory maupun Voluntary.
Pada saat ini, sertifikasi ekolabel voluntary skema FSC, PT. Intracawood Manufacturing telah memasuki periode lima tahun ke dua (Re-Sertifikasi), dimana pada saat reassessment dan precondition verification audit masih menyisakan beberapa CAR dengan status OPEN. Salah satu upaya  mendapatkan kembali sertifikat FSC, unit manajemen mendatangkan pakar   dibidang pemanenan hutan ramah lingkungan (RIL)   untuk memberikan penyegaran/training serta mengevaluasi implementasi RIL yang telah dilaksanakan serta memberikan masukan dan bimbingan teknis terkait dengan CAR hasil precondition verification audit yang masih berstatus OPEN.
Kunjungan Lapangan & Diskusi
Training dan Evaluasi RIL ini dilaksanakan di Camp Sekatak, mulai tanggal 31 Januari sampai dengan 3 Pebruari 2012 dengan diikuti oleh pimpinan serta melibatkan seksi-seksi terkait   di lingkungan Forestry Division.
Penyampaian Materi Kuliah & Diskusi

3 komentar:

  1. wahhhhhhhhhh..... Prof. Elias,, dosen pengujiku,, skrg IWM makin maju ya,, banyak ngadain pelatihan,, walau cuma internal tp progresanya pasti banyak,, sukses untuk IWM,,

    BalasHapus
  2. amin...mdh2an rencana tuk pelatihan tahap ke2 dan berikutnya bisa berjalan lancar

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Pesan

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI PT INTRACAWOOD MANUFACTURING

Se-usai melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon Serempak Tahun 2024 bersama  Kementerian Lingkungan Hidup dan Lingkungan Republik Indonesi...